saat ini anda berada di area fandinext.blogspot.com nikmatilah fasilitas yang saya tawarkan namun maaf jika tidak sempurna tapi saya akan selalu berusaha membuat blog ini agar lebih baik dan lebih baik lagi JANGAN LUPA LIKE MY PAGE. NDIcyber swf.

Sabtu, 13 April 2013

HTML berkembang pesat



perkembangan html


Perkembangan HTML saat ini cukup di katakan signifikan, Pernahkah anda membuka situs google.com?  bila anda menemukan sebuah gambar ataupun tulisan, bagaimana semua itu bisa terjadi? dan bagaimana itu semua dilakukan?. karena di balik semua itu terdapat sebuah bahasa HTML ( Hypertext Mark Up Language). silahkan anda buka sebuah sebuah situs, silahkan anda klik CTRL-U dan anda segera menemukan sebuah sederetan bahasa HTML dengan bertanda "<" dan ">". nah itulah ang disebuat HTML.


HTML merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi. Oleh karena itu tidak semua orang bisa memahaminya dengan mudah.

Bagi anda yang sudah memiliki sebuah web atau blog pasti anda sudah tidak asing lagi dengan bahasa HTML. HTML dapat dipelajari untuk dapat kostumisasi pada web atau blog anda. Pada dasarnya programmer web harus mengerti dahulu bahasa HTML, ini dikarenakan bahasa HTML merupakan bahasa pemograman web yang dasar mengingat banyak bahasa yang bisa dimasukkan ke dalam bahasa HTML.

Perkembangan HTML

Pada tahun 1980 IBM menciptakan konsep untuk menempatkan elemen-element yang menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat, dan isi dokumen. Element itu merupakan sutu program untuk melakukan sebuah pemformatan dokumen.

Bahasa pemograman untuk melakukan sebuah tugas tersebuat markup language atau lebih jelasnya IBM menamai program itu dengan sebutan Generalized Markup language(GML). Konsep ini pada tahun 1986 disetujui oleh ISO(International Standart Organitation) sebagai standart bagi pembuatan dokumen-dokumen dengan keluarnya ISO 8879. ISO menamai GML ini menjadi SGML(Standart Generalized Markup Language).

HTML versi 1.0

di HTML versi 1.0 kemampuan yang dimilikinya yaitu menampilkan heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal, dan miring pada suatu teks. Versi ini mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa memperbolehkan menempatkan tes di sekelilingnya (wrapping).

HTML versi 2.0

di versi ii, penambahan kualitas TML terletak pada kemampuan untuk menampilkan sebuah form pada dokumen. Dengan adanya form ini maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. 

HTML versi 3.0

HTML versi 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru sebagai contoh tabel. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.

HTMLversi 4.0

HTML versi 4.0 memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari versi sebelumnya. Perubahan ini terjadi di hampirsegala perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan  lain-lain.

Kemudian lahir HTML versi 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML 4.01 menjadi standart pada tahun 1999. HTML 4.01 merupakan perbaikan dari HTML versi 4.0 yang terlebih dahulu diterbitkan (18 Desember 1997). HTML versi HTML 4.01 masih standart resmi sampai sekarang ini .

perkembangan html

HTML 5

HTML 5 merupakan perkembangan html generasi saat ini dan merupakan generasi terakhir dan mungkin akan berkembang lagi mengikuti perkembangan jaman. Beberapa fitur baru di HTML 5 seperti berikut:

- Unsur kanvas untuk menggambar.
- Video dan elemen audio untuk media pemutara.
- Element baru, seperti artikel, footer, header, dan navigasi.
- Dukungan lebih baik untuk penyimpanan offline local.
- Kontrol bentuk baru, seperti kalender, tanggal, waktu, email, URL, dan Search.
- Saat ini HTML 5 belum menjadi standart resmi dan masih jarang ada browser memiliki fitur penuh terhadap HTML 5. HTML 5 akan mungkin menjadi standart baru untuk HTML dan XHTML.


Cukup sekian mengenai perkembangan html yang terjadi saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar