saat ini anda berada di area fandinext.blogspot.com nikmatilah fasilitas yang saya tawarkan namun maaf jika tidak sempurna tapi saya akan selalu berusaha membuat blog ini agar lebih baik dan lebih baik lagi JANGAN LUPA LIKE MY PAGE. NDIcyber swf.

Senin, 07 Januari 2013

ringkasan materi ekonomi sma ,x semester 1


Kebutuhan Manusia:

Kebutuhan Manusia kebutuhan manusia merupakan keinginan manusia yang menuntut untuk dipenuhi agar kalangsungan hidupnya terjamin

Macam-macam Kebutuhan :

Macam-macam Kebutuhan Kebutuhan Manusia Berdasarkan Tingkat Kepentingan / Prioritas Kebutuhan Primer Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi . Kebutuhan Sekunder Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik . Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah , tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder .

Macam-macam kebutuhan:

Macam-macam kebutuhan Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang benar-benar diperlukan pada saat ini secara mendesak . Kebutuhan Masa Depan Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang dapat ditunda serta dipenuhi di lain waktu di masa yang akan datang . Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifat Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan badan lahiriah atau tubuh seseorang . Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu bagi jiwanya secara kejiwaan .

Macam-macam kebutuhan:

Macam-macam kebutuhan Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjek / Subyek Penggunanya Kebutuhan Individual / Individu / Pribadi Kebutuhan individu adalah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh orang perseorangan secara pribadi . Kebutuhan Sosial / Kolektif Kebutuhan sosial adalah kebutuhan akan berbagai barang dan jasa yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan sosial suatu kelompok masyarakat .

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia:

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia Kondisi alam Peradaban Adat istiadat Agama dan kepercayaan

Sumber daya ekonomi:

Sumber daya ekonomi Benda pemuas kebutuhan berupa barang dan jasa

Macam-macam benda pemuas kebutuhan:

Macam-macam benda pemuas kebutuhan Menurut cara memperolehnya , barang dapat dikelompokan menjadi : Barang bebas , yakni barang yang untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan . Misal , cahaya matahari dan udara . B arang ekonomi , yakni barang yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan . Misal , makanan dan minuman yang mana diperlukan uang untuk membelinya . Menurut kegunannya , barang dikelompokan menjadi : Barang produks i , yakni barang yang digunakan untuk proses produksi lebih lanjut . Barang konsumsi , yakni barang yang dapat langsung digunakan dan dikonsumsioleh seseorang

Macam-macam benda pemuas kebutuhan:

Macam-macam benda pemuas kebutuhan Menurut proses pembuatannya , barang dikelompokan menjadi : Barang mentah , yakni barang yangb belum mengalami proses produksi Barang setengah jadi , yakni barang yang sudah melalui proses produksi akan tetapi belum siap pakai . B arang jadi , yakni barang yang sudah melalui proses produksi dan siap pakai untuk memenuhi kebutuhan . Menurut hubungannyam barang dibagi menjadi : Barang Substitusi , yakni barang yang dapat mengganti fungsi barang yang lain Barang komplementer , yakni barang yang dapat melengkapi fungsi dari barang lainnya .

Kegunaan benda pemuas kebutuhan:

Kegunaan benda pemuas kebutuhan Kegunaan bentuk (form utility). Artinya , peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan bentuknya Kegunaan tempat (place utility). Artinya , pertambahan kegunaan benda antara lain dapat karena dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Kegunaan waktu (time utility). Artinya , kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut . Kegunaan kepemilikan (ownership utility). Artinya , kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsuman yang tepat.i

Kelangkaan:

Kelangkaan Kelangkaan adalah keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan yang dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak terbatas.Suatu barang atau jasa dinyatakan langka jika permintaan atau kebutuhan konsumen akan barang atau jasa lebih besar atau lebih banyak daripada ketersediaan atas barang atau jasa tersebut dan cara untuk memperolehnya diperlukan suatu pengorbanan tertentu .

Slide 12:

SUMBER-SUMBER EKONOMI YANG LANGKA Ø Tanah Ø Air Ø Udara Ø Hutan Ø Laut Ø Barang tambang logam , seperti : timah putih , nikel besi , tembaga , bauksit , mangan , emas dan perak . Ø Barang tambang nonlogam , seperti : batu kapur , belerang , fosfat , batu marmer , intan , grafit , aspal , minyak , gas, batubara , uranium, dan sebagainya .

Masalah-masalah pokok ekonomo:

Masalah-masalah pokok ekonomo

Slide 14:

Masalah Pokok Ekonomi Inti masalah ekonomi yaitu kelangkaan sumber daya dibanding kebutuhan manusia yang bermacam-macam dan tidak terkendali . Masalah ekonomi menurut aliran ekonomi klasik adalah produksi , konsumsi dan distribusi untuk emcapai kemakmuran . Menurut aliran ekonomi modern, masalah ekonomi adalah : apa dan berapa yang diproduksi ; bagaimana cara memproduksi ; dan untuk siapa barang tesebut diproduksi ? Apa dan berapa yang diproduksi ? Kita tidak mungkin memproduksi semua barang yang dibutuhkan manusia karena kelangklaan sumberdaya yang dijadikan bahan dan keterbatasan kemampuan yang kita miliki , baik segi modal maupun keahlian . Bagaimana cara memproduksi ? Pemilihan cara dan teknologi yang digunakan untuk berproduksi sangatlah penting . Pertimbangan teknologi modern atau padat modal maupun teknologi manual atau padat karya harus melalui perhitungan yang detail agar dikemudian hari tidak ditemukan banyak kelamahan Untuk siapa diproduksi Hal ini sama dengan masalah ekonomi distribusi menurut aliran ekonomi klasik karena menyangkut pasar yang dibidik apakah berdasarkan penghasilan , daerah , atau dari sisi usia . Apakah untuk kalangan kaya ? Atau untuk golongan mengengah ? Apakah untuk masyarakat perkotaan atau pedesaan dan dari sisi umur , untuk konsumen usia berapa ?

Biaya peluang:

Biaya peluang

Slide 16:

Biaya peluang atau biaya ekonomi adalah suatu ukuran dari biaya ekonomi yang harus dikeluarkan dalam rangka memproduksi suatu barang atau jasa tertentu dalam kaitannya dengan alternatif lain yang harus dikorbankan . Misalnya jika kita memilih menggunakan uang kita untuk membeli makanan , maka kita kehilangan biaya peluang untuk membeli pakaian dari uang tadi . Singkatnya , biaya peluang merupakan biaya yang dikorbankan untk memperoleh sesuatu yang lain.

Sistem ekonomi:

Sistem ekonomi Sistem ekonomi adalah suatu aturan dan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat ( konsumen , produsen , pemerintah , dan sebagainya ) dalam menjalankan kegiatan ekonomi untuk mencapai suatu tujuan .

    Sistem ekonomi tradisional:

Sistem ekonomi tradisional Merupakan sistem ekonomi dasar dan masih menggunakan kebiasaan masyarakat yang berpola dari nilai budaya . Biasanya sistem ini dianut oleh suku-suku di pedalaman dan negara-negara terbelakang . Ciri-cirinya , antara lain: · Belum adanya pembagian kerja yang jelas · Kurangnya peran masyarakat dalam berusaha · Produksi masih terbatas dan ditentukan sesuai kebutuhan · Pertukaran masih menggunakan sistem barter walaupun mata uang sudah digunakan · Penghasilan utama dari sektor agraris Kelebihannya , antara lain : · Tidak terjadi persaingan · Konflik-konflik ekonomi tidak terjadi · Tidak menimbilkan tekanan jiwa ( stres ) pada masyarakat . Kekurangannya antara lain : · Masyarakat bekerja semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bukan untuk meningkatkan kesejahteraan · Kegiatan ekonomi hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup semata dan bukan untuk mencari keuntungan · Jarang terjadi perubahan drajat dalam masyarakat karena dianggap tabu · Tidak memperhitungkan efisiensi penggunaan sumber daya secara maksimal

Sistem Ekonomi Komando :

Sistem Ekonomi Komando Sistem ekonomi terpusat merupakan suatu sistem dimana pemerintah memiliki kendali yang ketat dalam menentukan kepemilkan bisnis , laba , dan alokasi sumber daya alam untuk mencapai tujuan ynag telah di tentukan pemerintah . Sistem ekonomi terpusat memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Kegiatan ekonomi diatur oleh pemerintah . Kebebsan individu dalam berusaha tidak ada . Hak milik perorangan tidak diakui . Kepemilikan alat produksi sepenuhnya pada pemerintah . Kegiatan ekonomi tidak melibatkan masyarakat atau swasta . Sisi Positif dan Negatif dari Sistem Ekonomi Terpusat Sisi Positif Sisi Negatif Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi , pengangguran dan masalah ekonomi lainnuya . Pasar barang dalam negeri berjalan lancar . Pemerintah bisa ikut campur dalam hal pembentukan harga . Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan yang merata Jarang terjadi krisis ekonomi . Mematikan inisiatif individu untuk maju . Masyarakat tidak memiliki kebebasan untuk memiliki kekayaan dan sumber daya ekonomi .

Sistem Ekonomi Pasar:

Sistem Ekonomi Pasar Ciri-cirinya , antara lain: · Semua alat dan sumber produksi bebas dimiliki perseorangan , kelompok masyarakat , atau perusahaan · Pemerintah tidak ikut campur secara langsung terhjadap kegiatan ekonomi · Masyarakat dan swasta melakukan kegiatan ekonomi di semua sektor · Perorangan diberi kebebasan dalam pemakaian barangn dan jasa · Kegiatan ekonomi bertujuan untuk mencari laba · Adanya persaiangan antar pengusaha Kelebihannya , antara lain: · Setiap individu memiliki kebebasan untuk mengatur kehidupan ekonomi sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing . · D engan kebebasan berusaha dan bersaiang akan mendorong setiap orang untuk mencari kemajuan . · Hak milik diakui dan adanya kebebasan melakuakn segala sesuatu yang dianggap baik bagi kepentingan pribadi , kreativitas mencari keuntungan menjadi tinggi . Kelemahannya , antara lain: · Kebebasan bersaing mengakibatkan yang kuat menindas yang lemah , terjadi jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin · P emerataan pendapatan semakin sulit dicapai karena setiap individu berusaha mencari keuntungan bagi diri sendiri · Adanya kebebasan produksi dapat mendorong terjadinya krisis ekonomi · K onsentrasi modal oleh kaum kapitalis dapat mengakibatkan terjadinya monopoli

Sistem Ekonomi Campuran:

Sistem Ekonomi Campuran Ciri-cirinya , antara lain: · Alat produksi yang vital dikuasai negara · Alat produksi yang kurang penting dikelola swasta · Perekonomian dilaksanakan bersama antara pemerintah dan masyarakat · Hak milik diakui sepanjang tidak bertentangan dengan kepentingan umum Kelebihannya , antara lain: · Pertumbuhan ekonomi teratur dan stabil · Swasta terdoring untuk mencari keuntungan , karena inisiatif dan kreatifitas diakui pemerintah · Tugas pemerintah tidak terlalu berat karena dibantu swasta · Pengaruh monopoli swasta dapat diperkecil Kelemahanya adalah sulit untuk menentukan unsur yang benar sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan masyarakat sehingga memerlukan ketelitian dan kejelian dalam mengambil keputusan .

Faktor produksi:

Faktor produksi Untuk melakukan kegiatan produksi diperlukan bahan-bahan yang memungkinkan dilakukannya produksi , yaitu tanah atau sumber daya alam , tenaga manusia , modal dalam segala bentuknya , serta kecakapan atau keterampilan tertentu . Semua unsur-unsur tersebut dinamakan faktor-faktor produksi . Jadi , faktor produksi adalah semua unsur yang menopang usaha memperbesar nilai barang / jasa . Dalam ilmu ekonomi faktor produksi terdiri dari empat macam , yaitu 1. Tanah atau sumber daya alam (natural resources); lebih jelas 2. Tenaga kerja ( labour ); lebih jelas 3. Modal (capital); lebih jelas 4. Skill kewirausahaan (entrepreneurship). lebih jelas

Siklus ekonomi:

Siklus ekonomi Kegiatan Ekonomi Dua Sektor Kegiatan ekonomi dua sektor hanya melibatkan dua pelaku ekonomi , yaitu rumah tangga dan perusahaan . a.Corak Kegiatan Ekonomi Subsistem Dalam corak kegiatan ekonomi subsistem penerima-penerima pendapatan , dalam hal ini rumah tangga , tidak menabung , dan para pengusaha tidak menanam modal. Dalam masyarakat yang seperti ini aliran pendapatannya adalah seperti yang tampak pada Gambar berikut Dalam kegiatan ekonomi seperti ini sekiranya sektor produksi menggunakan seluruh faktor produksi yang ada dalam perekonomian , pengeluaran sektor rumah tangga akan sama dengan nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian . Ini adalah gambaran yang sangat sederhana yang terjadi pada suatu perekonomian , di mana kegiatan perdagangan pada umumnya masih menggunakan cara barter.

Slide 24:

Corak Perekonomian Modern Dalam perekonomian yang lebih maju, penerima-penerima pendapatan akan menyisihkan sebagian pendapatan mereka untuk ditabung. Tabungan ini akan dipinjamkan kepada pengusaha yang akan menggunakannya untuk investasi, yaitu melakukan pembelian barang-barang modal.

Slide 25:

Kegiatan Ekonomi Tiga Sektor Dalam kegiatan ekonomi tiga sektor, pelaku-pelaku ekonomi yang terlibat selain dari rumah tangga dan perusahaan, diperlihatkan juga peranan dan pengaruh pemerintah atas kegiatan perekonomian. Kegiatan Ekonomi Empat Sektor Kegiatan ekonomi empat sektor sering disebut perekonomian terbuka karena kegiatan ini tidak hanya melibatkan pelaku-pelaku ekonomi di dalam negeri, tetapi juga masyarakat ekonomi di luar negeri.

Permintaan:

Permintaan Kesediaan konsumen untuk membeli berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat Jika harga naik , jumlah barang yang dibeli berkurang dan jika harga turun jumlah barang yang dibeli bertambah P-P 1 = Q-Q 1 P 2 -P 1 Q 2 -Q 1 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand) 1. Perilaku konsumen / selera konsumen Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli , tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno . 2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises , selai dan margarin akan turun permintaannya . 3. Pendapatan / penghasilan konsumen Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan , tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli . 4. Perkiraan harga di masa depan Barang yang harganya diperkirakan akan naik , maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm / bensin . 5. Banyaknya / intensitas kebutuhan konsumen Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila , produk masker pelindung akan sangat laris . Pada bulan puasa ( ramadhan ) permintaan belewah , timun suri , cincau , sirup , es batu , kurma , dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya .

Penawaran:

Penawaran sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. ika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya . Jika harga semakin rendah / murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya . Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran ( Suply ) 1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan Jika biaya pembuatan / produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual . Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga . 2. Tujuan Perusahaan Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi . Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen . 3. Pajak Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun . 4. Ketersediaan dan harga barang pengganti / pelengkap Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan , akhirnya penawaran pun dikurangi . 5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan / menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor .

Pasar input:

Pasar input Pasar input disebut juga pasar faktor produksi , yaitu pasar yang menawarkan faktor-faktor produksi . Faktor-faktor produksi ini terkait dengan kegiatan memproduksi . Bagian-bagian dari pasar input : pasar uang , pasar modal, pasar tenaga kerja , dll .

Pasar uang:

Pasar uang Pasar uang adalah suatu kelompok pasar dimana instrumen kredit jangka pendek , yang umumnya berkualitas tinggi diperjualbelikan . Fungsi pasar uang sebagai sarana alternatif bagi lembaga-lembaga keuangan , perusahaan-perusahaan non keuangan untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendek maupun untuk menempatkan dana atas kelebihan likuiditasnya .

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN:

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN KELEBIHAN : Sarana untuk mencari pinjaman dana jangka pendek bagi perusahaan yang mengalami kesulitan likuiditas . Sarana untuk menempatkan kelebihan dana yang dimiliki oleh badan usaha . KELEMAHAN : Risiko pasar Risiko nilai tukar Risiko inflasi Risiko gagal bayar

Pelaku pasar uang:

Pelaku pasar uang Bank Yayasan Dana Pensiun Perusahaan Asuransi Perusahaan- perusahaan besar Lembaga Pemerintah Lembaga Keuangan lain Individu Masyarakat

Sumber dana pasar uang:

Sumber dana pasar uang Dana masyarakat umum Kelebihan kas BUMN Kelebihan kas bank-bank pemerintah dan swasta Kelebihan kas perusahaan dagang , industri dan jasa Kelebihan kas lembaga keuangan bukan bank (LKBB)

Jenis instrumen pasar uang:

Jenis instrumen pasar uang Sertifikat Bank Indonesia (SBI) Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) Sertifikat Deposito Call Money Commercial Paper Repurchase Agreement Treasury Bills Promissory Notes

Pasar modal:

Pasar modal Pasar Modal adalah tempat transaksi jual beli instrument kredit jangka panjang . Peran pasar modal : Menyediakan semua sarana perdagangan efek / fasilitator Membuat peraturan yang berkaitan dengan kegiatan bursa Mengupayakan liquiditas instrumen Mencegah praktek-praktek yang dilarang di bursa yang akan merugikan pihak lain Menyebarluaskan informasi bursa Menciptakan instrumen dan jasa baru

SUMBER DANA DAN JENIS PASAR MODAL:

SUMBER DANA DAN JENIS PASAR MODAL SUMBER DANA PASAR MODAL : Sumber dana Pasar Modal berasal dari perusahaanperusahaan atau individu masyarakat yang mempunyai kelebihan dananya . Dana tersebut diinvestasikan melalui pembelian instrumen pasar modal yang berupa saham atau obligasi . Keuntungan saham berupa deviden dan capital gain, sedangkan keuntungan obligasi berupa bunga . JENIS PRODUK PASAR MODAL: Saham Obligasi ( Bond ) Waran Reksadana Right Issue

PARA PELAKU PASAR MODAL:

PARA PELAKU PASAR MODAL Badan Pelaksana Pasar Modal (BAPEPAM) Perusahaan Efek Emiten Lembaga Penunjang Pasar Modal

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN:

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN KELEBIHAN : Menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang untuk dunia usaha . Sarana untuk mengalokasikan sumber dana secara optimal bagi investor. Memungkinkan adanya upaya diversifikasi . KELEMAHAN : Mekanisme pasar modal yang cukup rumit menyulitkan pihak-pihak tertentu yang akan terlibat di dalamnya . Saham pasar modal bersifat spekulatif sehingga dapat merugikan pihak tertentu . Jika kurs tidak stabil , maka harga saham ikut terpengaruh .

Pasar tenaga kerja:

Pasar tenaga kerja Pasar /bursa tenaga kerja adalah suatu pasar yang mempertemukan antara pihak yang mencari pekerjaan ( penawaran tenaga kerja ) dengan pihak yang memerlukan tenaga kerja ( permintaan / pembeli tenaga kerja ). Adanya bursa tenaga kerja dimasudkan untuk mengkoordinir pertemuan antara pencari kerja dengan organisasi / lembaga-lembaga yang membutuhkan tenaga kerja .

Manfaat bursa tenaga kerja:

Manfaat bursa tenaga kerja Manfaat untuk pemerintah , akan mengurangi pengangguran karena dengan adanya pasar tenaga kerja akan lebih banyak tenaga kerja yang tersalurkan . Manfaat untuk perusahaan / lembaga-lembaga lain, lebih memudahkan dalam mencari tenaga kerja sesuai dengan yang diinginkan atau sesuai kebutuhannya . Manfaat bagi pencari kerja dengan adanya bursa menjadi lebih mudah bisa memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan sesuai yang diinginkan .

Penawaran dan permintaan tenaga kerja:

Penawaran dan permintaan tenaga kerja Penawaran tenaga kerja sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduk , struktur penduduk menurut umur , tingkat pendidikan , tingkat upah dan lainnya . Untuk permintaan tenaga kerja juga dapat dipengaruhi oleh tingkat produksi , tingkat kemajuan teknologi , tingkat upah , kualitas tenaga kerja dan lainnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar